logo Minggu, 16 Desember 2018

BELAJAR LEBIH, BERMANFAAT LEBIH

Terakhir Diperbaharui pada : Minggu, 16 Desember 2018 ~ Dilihat 253 Kali


Naim nampak tak percaya ketika Pak Darmono menunjukkan batang rumput gajah Taiwan. Batang tebu, itulah yang ada di pikiran Ketua kelompok Balai Ternak itu.  19 orang peternak lain juga berpikiran sama. Bahkan tanpa ragu mereka mencicipi batang yang dikupas oleh Pak Darmono untuk membuktikan. Melihat peserta yang takjub, dengan gaya yang energik dan interaktif Pak Darmono menjelaskan bagaimana batang rumput bisa sebesar batang tebu. Suburnya rumput yang dia tunjukkan adalah hasil dari kandungan nutrisi pada tanah dikebun rumputnya. Asam humat yang dihasilkan dari urin dan kotoran ternak miliknya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi tanaman.  Kotoran ternak baik feses maupun urin merupakan penghasil asam humat alami yang dapat meningkatkan pH tanah secara optimal. Dengan pH tanah yang optimal kemampuan tanaman untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih cepat.

Para peternak binaan BIB Lembang dan Baznas itu lantas diajak untuk melihat lebih dekat mix farming miliknya. Dihuni 400 ekor domba dan puluhan sapi, tidak tercium bau dan tak tampak timbunan kotoran dilokasi kandang. “Semua yang ada difarm ini bisa menghasilkan rupiah, tidak ada yang terbuang”, ujar pegawai PT Pupuk Kujang itu bersemangat. Dia juga menunjukkan bagaimana kotoran ternak dapat digunakan untuk bahan pakan ikan dan unggas. Antusiasme peternak untuk bertanya lebih jauh tak kalah dengan semangat Pak Darmono.

Pengalaman belajar secara visual kerap memberikan kesan yang lebih dalam dan lebih mudah diingat. Tidak hanya melalui penyuluhan klasikal dilokasi peternakan.   Membawa peternak dari Balai Ternak untuk melihat secara langsung adalah salah satu cara BIB Lembang dalam melakukan pembinaan dan pendampingan. Mengunjungi integrated farm milik Pak Darmono adalah satunya.

Selain tugas pokok untuk produksi dan distribusi semen beku BIB Lembang berupaya menjangkau kelompok-kelompok ternak yang perlu dibimbing dan didampingi. Hal tersebut adalah upaya BIB Lembang agar dapat memberikan manfaat sebesar besarnya untuk pembangunan peternakan di Indonesia. (IZI)

KOMENTARI TULISAN INI