logo Senin, 17 Desember 2018

BIB LEMBANG EKSPOR SEMEN BEKU KE MADAGASCAR!!!

Terakhir Diperbaharui pada : Senin, 17 Desember 2018 ~ Dilihat 1044 Kali


Lembang, Rabu 16 Mei 2018 BIB Lembang melakukan serah terima jual beli semen beku dengan PT. Madaranch dari Madagaskar. Kementerian Pertanian telah menyetujui BIB Lembang mengekspor semen beku sebanyak 2000 dosis. Masing-masing 1000 dosis semen beku sapi brahman dan 1000 dosis semen beku sapi Limousin.

Kepala Seksi Jasa Produksi BIB Lembang, Lina Widyawati, SPt, MS memastikan persediaan semen beku sangat mencukupi kebutuhan dalam maupun luar negeri. Target UPSUS SIWAB Tahun 2018 sebanyak 2.238.665 dosis dapat tercukupi. Dengan adanya stok semen beku sebanyak 1.901.592 dosis dan target produksi sebanyak 1.940.000 dosis.

Semen beku dari BIB Lembang sendiri sudah terbukti memenuhi persyaratan Ekspor yaitu bebas dari 12 macam penyakit menular untuk Sapi bibit. HaI ini dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan pejantan untuk 12 macam penyakit tersebut setiap 6 bulan sekali. Indonesia juga telah bebas dari penyakit menular seperti PMK, BSE, Q fever, Rift valley, Lumpy skin disease, Contagious bovine pleuroneumonia dan Ruminant piroplasmosis. Kontainer semen beku yang bersih dan bebas penyakit. Semen beku dapat di ekspor karena sudah lolos uji simpan di container selama minimal 30 hari. Semen beku sapi dikoleksi, diproses dan disimpan sesuai prosedur dari OIE.

“Dengan adanya ekspor semen beku sapi dari Indonesia ke Madagaskar ini, diharapkan dapat membantu mengembangkan populasi sapi di madagaskar” Ungkap Pak Nur Wahono, Perwakilan dari PT Mandaranch. Beliau juga berharap keberhasilan IB dari semen beku BIB Lembang menunjukkan tren positi. Sehingga kerjasama antara BIB Lembang dan PT. Mandaranch dapat berkesinambungan kedepannya.

Swasembada semen beku sudah tercapai. Terbukti dengan BIB Lembang mampu mengekspor semen beku sapi ke Madagaskar (Tahun 2018) dan Malaysia (Tahun 2012). Stok dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan UPSUS SIWAB pun dapat tercapai pada tahun 2017. Pengakuan para stakeholder baik dalam maupun luar neger terhadap kualitas semen beku BIB Lembang membuat BIB kian percaya diri untuk terus melangkah menyaingi Negara produsen ternama seperti Amerika Serikat dan Selandia Baru. Bekerja, bekerja dan bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia melalui peternakan kita. Bravo BIB Lembang. (FRH)

KOMENTARI TULISAN INI