logo Senin, 17 Desember 2018

SEMEN BEKU BERKELAS SEMEN BEKU BER-SNI

Terakhir Diperbaharui pada : Senin, 17 Desember 2018 ~ Dilihat 325 Kali


By :  drh. Dwi Utami

 

Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang merupakan balai nasional dengan tugas pokok dan fungsinya adalah memproduksi dan mendistribusikan semen beku. Semen sendiri adalah mani yang berasal dari pejantan unggul yang digunakan untuk inseminasi buatan (IB). Semen beku adalah semen yang diencerkan sesuai prosedur proses produksi sehinggan menjadi semen beku dan disimpan dalam kontainer kriogenik berisi nitrogen cair pada suhu -196° C. Ketika akan digunakan untuk inseminasi buatan, semen beku tersebut dicairkan dengan air hangat 37° C - 38° C selama 15 detik - 30 detik (proses thawing).
Dalam memproduksi semen beku, BIB Lembang mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI 4869-1:2017 untuk semen beku sapi, SNI 4869-2:2017 untuk semen beku kerbau dan SNI 4869-3:2017 untuk semen beku kambing dan domba.
SNI merupakan standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk berbagai hasil produksi yang dibuat oleh masyarakat Indonesia, baik itu yang diproduksi secara perseorangan maupun yang diproduksi oleh sebuah badan atau perusahaan. Hal ini akan menjamin hak dan juga keamanan para konsumen yang menggunakan produk tersebut. SNI juga akan melindungi hak-hak dan juga kewajiban produsen yang telah melakukan proses produksi. Penerapan SNI pada produk akan membuat konsumen menjadi lebih mudah dan nyaman dalam menemukan produk-produk yang mereka butuhkan.
SNI semen beku sapi, kerbau, kambing dan domba bertujuan untuk memberikan jaminan kepada konsumen dan produsen akan mutu benih semen beku sapi, kerbau, kambing dan domba. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sapi, kerbau, kambing dan domba di Indonesia.
Ingin tahu apa saja yang ada dalam SNI semen beku??
Ada beberapa ruang lingkup dalam SNI semen beku. Pertama adalah standar persyaratan semen beku. Kemudian istilah dan definisi mulai dari semen, semen segar, semen beku, pejantan unggul, motilitas spermatozoa, gerakan individu spermatozoa. Standar pemeriksaan semen beku, pemeriksa semen beku, petugas pengambil contoh, kode batch dan recovery rate. Setelah itu ada penjelasan tentang persyaratan mutu, pemeriksaan sampel semen beku, kemasan dan penyimpanan semen beku yang diatur dalam SNI semen beku ini.
Maka dari itu jangan ragu menggunakan semen beku produksi BIB Lembang yang sudah mengikuti standar SNI. Semen beku produksi BIB Lembang sudah pasti mempunyai nilai lebih bagi konsumen. Adanya jaminan SNI menunjukkan kualitas semen beku BIB Lembang mempunyai nilai tawar yang tinggi dan berkelas. Semen beku BIB Lembang siap menghasilkan calon-calon ternak unggul dambaan peternak. (DU)

KOMENTARI TULISAN INI