logo Selasa, 25 September 2018

SOSIALISASI PENYUSUNAN RAD TPB/SGDs PROVINSI JAWA BARAT

Terakhir Diperbaharui pada : Selasa, 25 September 2018 ~ Dilihat 47 Kali


Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2016 – 2030 merupakan komitmen lanjutan dari Tujuan Pembangunan Millennium/Millenium Development Goals (MGDs) yang telah berakhir pada tahun 2015. TPB/SDGs bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumber daya yang terkandung didalamnya dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil. TPB/SDGs merupakan kerangka kerja pembangunan yang mengintegrasikan secara seimbang dari tiga dimensi pembangunan berkelanjutan yaitu ekonomi, social dan lingkungan. Kerangka hasil TPB/SDGs terformulasikan ke dalam 17 Goals, 169 Target/Sasaran, dan 241 Indikator.
Untuk dapat mencapai tujuan pembangunan yang diharapkan tersebut, TPB/SDGs mensyaratkan adanya kerangka kebijakan pengintegrasian agenda TPB/SDGs ke dalam rencana pembangunan daerah dan kelembagaan pelaksanaan yang melibatkan semua pihak baik dari sektor pemerintahan, legislatif, organisasi masyarakat sipil, akademisi, pelaku usaha, filantropi, media, komunitas masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya.
Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang turut berperan serta dalam mencapai tujuan pembangunan yang diharapkan tersebut. Dalam pertemuan kali ini selain sosialisasi RAD SDGs Jawa Barat, Bappeda Jabar juga ingin menentukan target dan indikator dari goals SDGs yang relevan dengan tupoksi UPT Kementerian/Lembaga. UPT Kementerian/ Lembaga di wilayah Jawa Barat juga diwajibkan mengisi Teknis Matriks (Program Kegiatan) masing-masing UPT yang sesuai relevan dengan goals SDGs. Sesuai dengan kerangka TPB/SDGs, BIB Lembang turut membantu memelihara dan menjaga kwalitas genetik ternak bibit unggul, melakukan pembinaan terhadap masyarakat dibidang peternakan dan Inseminasi Buatan (IB) khususnya.
Pemerintah telah menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap TPB/SDGs melalui Peraturan Presiden (PP) No. 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang turut mengamanahkan Pemerintah Daerah untuk bersma-sama mencapai TPB/SDGs Agenda 2030. Merespon hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Bappeda ingin menunjukkan komitmen yang sama dalam mewujudkan agenda TPB/SDGs. Pertemuan ini pun didasarkan atas penegasan bahwasanya Pemerintah Derah merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat sehingga dalam pelaksanaan TPB/SDGs Provinsi Jawa Barat pun harus terintegrasi dengan seluruh Instansi Vertikal yang ada di Jawa Barat sebagai wujud komitmen bersama dalam pencapaian agenda TPB/SDGs. (frh)

KOMENTARI TULISAN INI