logo Senin, 17 Desember 2018

Kunjungan Menteri Pertanian Ke BIB Lembang

Terakhir Diperbaharui pada : Senin, 17 Desember 2018 ~ Dilihat 111 Kali


Kamis, tanggal 20 September 2018 Menteri Pertanian, Bapak Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P berkesempatan mengunjungi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbibitan dibawah naungan Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian yaitu Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang.

Dalam kunjungannya kali ini, selain melihat pejantan bibit unggul BIB Lembang, Mentan Amran Sulaiman merasa gembira dan bangga terhadap pencapaian BIB Lembang. BIB Lembang sebagai salah satu Balai Nasional produsen Semen Beku mempunyai andil penting dalam meningkatkan populasi sapi nasional, melalui produksi dan distribusi semen beku dari bibit pejantan unggul yang akan digunakan untuk Inseminasi Buatan (IB).

Bapak Mentan menuturkan peningkatan populasi sapi mencapai lebih dari 500%. Dari yang dulunya 180.000 ekor per tahun sekarang menjadi menjadi 1.000.000 ekor sapi pertahun. Hal ini tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat juga meningkatkan populasi sapi nasional.

BIB Lembang juga mempunyai peran penting dalam pemenuhan semen beku program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB).

Tanpa semen beku program ini tidak akan berhasil, sapi-sapi betina milik peternak tidak dapat dikawinkan (di-Inseminasi Buatan/IB) akibatnya sapi tidak menjadi bunting. Dengan terpenuhinya semen beku ke tiap daerah diharapkan program UPSUS SIWAB dapat berjalan, sehingga percepatan populasi sapi di Indonesia dapat terwujud. Peningkatan populasi sapi inilah yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia menuju Swasembada sapi/ternak “Saya bangga dengan kalian. Tapi jangan berpuas hati, lanjutkan perjuangan kita” ujar beliau. Berkarya, berkarya dan berkarya adalah bukti bakti kami bagi negeri.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Ditjen PKH Kementan RI

KOMENTARI TULISAN INI