logo Senin, 17 Desember 2018

Workshop Pengelolaan iTani Lingkup Kementerian Pertanian

Terakhir Diperbaharui pada : Senin, 17 Desember 2018 ~ Dilihat 72 Kali


Dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan dan pengelola perpustakaan lingkup kementerian pertanian dan memberikan layanan informasi pertanian berbasis smartphone. Pusat perpustakaan dan penyebaran teknologi pertanian (PUSTAKA) telah mengembangkan perpustakaan digital mobile berbasis smartpone, tablet dan komputer dekstop bernama iTani. iTani dapat diunduh melalui google playstore atau melalui www.itani.id .

               iTani dikembangkan dalam upaya mendukung percepatan penyebaran informasi inovasi pertanian Kementerian Pertanian kepada masyarakat. Disamping itu mengikuti perubahan perilaku pengguna dalam mencari informasi yang cepat dan tepatmelalui media smartpone, tablet dan leptop. Hal lainnya antara lain hampir semua pengguna perpustakaan sudah menggunakan telpone seluler, transmisi melalui jaringan telpon saat ini telah menjangkau disegala tempat, kemudahan dan praktis dalam pemakaian telepon seluler.

               Konten iTani terdiri dari beberapa fitur yang dapat memudahkan penggunanya, antara lain :

  • E Pustaka : menampilkan perpustakaan digital yang memuat berbagai macam genre ebook sesuai dengan spesifikasi koleksi
  • Feeds : Informasi koleksi dan bacaan terbaru
  • Rak Buku : Menampilkan dan berfungsi sebagai perpustakaan pribadi pengguna iTani
  • Notifikasi : Menampilkan pesan notifikasi aktifitas interaksi sesama pengguna iTani
  • Koleksi Buku : Semua buku terkumpul dalam satu layar dan dapat diakses dengan cepat, lengkap dengan sinopsis, pembaca dan review buku.
  • Sosial Media : Sarana berinteraksi tentang buku dan berbagi bacaan dengan sesama pengguna iTani

Semoga dengan dilaksanakanya kegiatan ini dapat menjadi media pembelajaran bagi pustakawan atau pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja pengelola perpustakaaan sertameningkatkan kinerja layanan perpustakaan melalui aplikasi iTani.

KOMENTARI TULISAN INI