logo Rabu, 21 November 2018

Workshop Pembelajaran Online Perpustakaan Pertanian

Terakhir Diperbaharui pada : Rabu, 21 Nopember 2018 ~ Dilihat 262 Kali


Dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan dan pengelola perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) telah membangun Sistem E-learning Perpustakaan Pertanian pada tahun 2015. Adanya media e-learning sebagai sebuah aplikasi pembelajaran online jarak jauh diharapkan dapat digunakan oleh pustakawan atau petugas perpustakaan untuk belajar dan meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan perpustakaan. Selain itu dapat membantu pustakawan dalam mempersiapkan diri mengikuti ujian sertifikasi maupun kompetensi pustakawan. Oleh karena itu PUSTAKA terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan kompetensi SDM perpustakaan lingkup Kementan diantaranya melalui Workshop Pembelajaran Online Perpustakaan Pertanian. 

Menurut kepala bidang Perpustakaan DR. Riko Bintari Pertamasari dalam sambutannya menyatakan bahwa Keberadaan sistem pembelajaran online (e-learning) tentunya harus senantiasa disosialisasikan kepada para pustakawan lingkup Kementerian. Agar pemanfaatannya berjalan dengan baik dibutuhkan pengembangan yang berkelanjutan, updating, ujicoba, dan evaluasi sistem e-learning. Para Pustakawan/petugas perpustakaan harus secara mandiri untuk terus meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilannya. Sehingga tidak lagi menggantungkan atau menunggu adanya tawaran untuk mengikuti pendidikan formal. Melihat terbatasnya anggaran dan kompetisi serta seleksi yang ketat dalam mendapatkan beasiswa baik dari internal Kementan maupun pihak luar.

Workshop pembelajaran online perpustakaan pertanian ini diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang, meliputi pustakawan dan/atau tenaga teknis perpustakaan/pengelola perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari The School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Direktorat Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Universitas Padjadjaran Bandung, serta Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Pelaksanaan kegiatan betempat di The Amaroosa Hotel Bandung dari tanggal 6 sampai dengan 8 November 2018.

Pelaksanaan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pustakawan secara keseluruhan dalam pengelolaan perpustakaan di UK/UPT masing-masing. sehingga perpustakaan kementerian pertanian di masing-masing UK/UPT selalu mampu memberikan layanan terbaik kepada para penggunanya.(UA)

 

 

KOMENTARI TULISAN INI