logo Rabu, 23 Januari 2019

Pertemuan Evaluasi Layanan BIB Lembang

Terakhir Diperbaharui pada : Rabu, 23 Januari 2019 ~ Dilihat 525 Kali


 

Pertemuan Evaluasi Layanan Balai Inseminasi Buatan Lembang Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 13 -14 Desember 2018 bertempat di Hotel Aston Tropicana – Bandung. Peserta yang hadir sebanyak 67 orang peserta yang terdiri dari Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak, Ombudsman RI perwakilan Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Dinas Peternakan Provinsi Jateng, BIBD Provinsi Bengkulu, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Kota Batam, Dinas Peternakan Kabupaten Tangerang, Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Jepara, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Fakultas Peternakan Universitas Airlangga, Ikatan Inseminator Indonesia (IKINNDO) dan Perusahaan Swasta.

 

Dalam Pertemuan Evaluasi Layanan Balai Inseminasi Buatan Lembang Tahun 2018 direktur perbibitan dan produksi ternak yang diwakili oleh bapak Yude Maulana Yusuf S.Pt, berpesan “Pelayanan publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat disamping sebagai abdi negara”.

 

Pertemuan dibuka oleh Kepala Balai Inseminasi Buatan Lembang Ir. Tri Harsi MP, beliau juga menggambarkan betapa sibuknya setiap pelayanan di  BIB Lembang, tidak mengenal waktu jika diperlukan terkadang pelayanan dilakukan pada hari libur (sabtu atau minggu), selalu berprinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah martabat kami.

 

Pelayanan (exelent cervice) Balai Inseminasi Buatan Lembang

Penjualan semen beku 

Harga sesuai PP Tarif no.35 Tahun 2016 

Waktu pelayanan sesuai dengan yang telah disepakati. 

Pelayanan Purna Jual 

Dilakukan secara aktif (dilakukan bersamaan dengan MONEV) dan pasif (atas permintaan customer) 

Tarif gratis 

Waktu sesuai dengan kesepakatan 

BIMTEK Tenaga Teknis IB 

Inseminator sapi/kerbau selama 21 hari dengan biaya Rp. 8.600.000,- 

Inseminator kambing/domba selama 10 hari dengan biaya Rp. 8.600.000,- 

PKb selama 14 hari dengan biaya Rp. 6.000.000,- 

ATR selama 14 hari dengan biaya Rp. 6.000.000,- 

Handling Semen Beku selama 5 hari dengan biaya Rp. 5.000.000,- 

Laboran selama 5 hari dengan biaya sesuai kesepakatan. 

Bull Master, Manajemen Pakan Ternak dan Manajemen Pemeliharaan Pejantan masing-masing selama 3 hari dengan biaya sesuai kesepakatan. 

Pengujian Mutu Semen 

Biaya sesuai PP Tarif Rp. 40.000 per sampel. 

Diusulkan Rp. 40.000,- per parameter 

Waktu pelaksanaan 1-5 hari 

Wisata Pendidikan 

Paket I ( informasi aktivitas audiovisual) selama 1 jam 

Paket II (informasi aktivitas BIB secara audiovisual + melihat aktivitas secara langsung) selama 1-2 jam 

Tarif Rp. 50.000,- per rombongan 

Diusulkan Tarif Rp. 50.000,- per rombongan (50 orang) 

Pemanfaatan Aset Balai 

Sarana (Auditorium, gedung workshop, asrama/guest house, sarana olahraga, sarana transportasi, dapur dan ruang makan, serta lahan) 

Tarif sewa : Guest house Rp. 75.000,-/orang/hari, mess Rp. 50.000,-/orang/hari, ruang kelas per 8 jam dengan harga bervariasi antara Rp. 200.000,- s.d 1.500.000,- dan sound system Rp. 200.000,- 

Jasa Penelitian, Asistensi dan Konsultasi Peternakan 

Jasa Penelitian : Produksi Semen Beku, Nutrisi Ternak, Kesehatan Hewan, Pemuliaan Ternak, Ekonomi Peternakan dengan untuk mahasiswa S2 S3 penelitian 1-90 hari dengan harga Rp. 200.000 s.d 1.000.000,- 

Jasa Asistensi dan Konsultasi Peternakan (Pemeliharaan/Produksi Ternak, Nutrisi/Pengawetan Pakan, Pemuliaan Ternak/Breeding, Penanganan Reproduksi/ Kesehatan Ternak, Pengolahan Limbah/Kompos/Digester Gas Bio, Penanganan Prosessing Semen Beku, Ekonomi Peternakan dan manajeman Perkantoran dengan waktu pelaksanaan 1- 5 jam tidak dipungut biaya. 

Pelayanan Penyediaan Narasumber, Instruktur dan Juri Kontes 

Pelatihan : Inseminator, PKb, ATR. 

Uji kompetensi petugas IB 

Lomba ternak. 

Tarif sesuai kesepakatan. 

BIB Lembang berharap dengan dilaksanakan pertemuan evaluasi layanan dapat menjadi ajang untuk perbaikan layanan yang lebih baik lagi, dapat terlaksananya pelayanan publik yang berkualitas sesuai harapan masyarakat.

KOMENTARI TULISAN INI