logo Rabu, 11 Desember 2019

Belgian blue menjadi koleksi baru BIB Lembang

Terakhir Diperbaharui pada : Rabu, 11 Desember 2019 ~ Dilihat 514 Kali


Belgian Biru adalah jenis sapi ternak dari Belgia. Sapi ini juga dikenal sebagai Race de la Moyenne et Haute Belgique . Nama alternatif untuk jenis ini termasuk Belgian Blue-White; Belgian White and Blue Pied;  dan Blue Belgian. Fisik yang sangat sangat berotot dari Belgian Blue disebut "otot ganda". Fenotip berotot ganda adalah kondisi yang diwariskan yang mengakibatkan peningkatan jumlah serat otot ( hiperplasia ), bukan pembesaran (normal) serat otot individu ( hipertrofi ).

Trah ini berasal dari Belgia tengah dan atas pada abad ke-19, dari persilangan trah lokal dengan trah sapi Shorthorn dari Inggris. Pada tahun 1978, sapi Belgian Blue diperkenalkan ke Amerika Serikat oleh Nick Tutt, seorang petani dari Kanada tengah yang berimigrasi ke Texas Barat dan menunjukkan sapi-sapi itu ke universitas-universitas di wilayah tersebut.

Indonesia mengembangkan Belgian Blue sejak Tahun 2016, didatangkan dalam bentuk semen beku dan embrio, hingga kini telah lahir puluhan pedet baik itu hasil cross ataupun murni hasil embrio transfer. Salah satunya telah tiba di Balai Inseminasi Buatan Lembang pada Jumat  19 Juli 2019, berjumlah 3 ekor (1 BB murni dan 2 BB Cross). Diharapkan dengan bertambahnya koleksi pejantan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang dapat mempercepat penyebaran bibit BB di Indonesia.

KOMENTARI TULISAN INI