Loading ...
Forum Konsultasi Publik BIB lembang
04 November 2023
News Detail Image

Bandung, 23 Oktober 2023. Forum komunikasi publik BIB Lembang tahun 2023 dengan tema “Sijalu Reborn untuk Layanan BLU Lebih Baik”.

Bertempat di Hotel Aryaduta, Jl. Sumatera No. 51, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, BIB Lembang mengadakan kegiatan forum komunikasi publik dalam rangka menjalin kolaborasi antara BIB Lembang dengan stakeholder/pemangku kepentingan  selaku pengguna atau penerima layanan.

Forum komunikasi publik ini juga bertujuan memberikan informasi tentang 11 layanan  serta menyampaikan visi, missi, motto, maklumat pelayanan dan aplikasi layanan BIB Lembang. Dalam kegiatan ini, pihak BIB Lembang selaku penyelenggara kegiatan menggali saran serta kritik konstruktif dalam peningkatan mutu pelayanan tanpa mengesampingkan peningkatan kepuasan kepada masyarakat. 

"Forum Komunikasi publik ini juga bertujuan untuk menjembatani standar pelayanan yang dilakukan tetap selaras untuk meningkatkan pelayanan," ungkap Tri Harsi Kepala BIB Lembang dalam sambutannya.

Dalam arahannya Fitri Agustin, SE, M.Tr.P (Perwakilan Ombudsman jawa barat) menyatakan bahwa Standar pelayanan publik merupakan tolok ukur pemenuhan atas pelayanan yang berkualitas. Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara layanan kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dalam menyusun dan menetapkan standar pelayanan, penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait. 

Terdapat 14 komponen standar pelayanan yaitu dasar hukum, persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk layanan, sarana prasarana dan/atau fasilitas, kompetensi pelaksana, Pengawasan Internal, Penanganan pengaduan saran dan masukan, jumlah pelaksana, evaluasi kinerja pelaksana. 

Forum komunikasi publik diikuti oleh 41 peserta dari 41 stakeholder undangan, dan 4 narasumber secara offline (Ombudsman, Direktur Perbibitan, Moosa Genetics, PT Pentacode Digital) serta 2 narasumber secara online (Biro Humas dan informasi Kementan RI dan Dewan pengawas BLU Kementerian keuangan). 

Untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan, BIB Lembang juga melakukan pengembangan inovasi pelayanan publik berbasis online melalui aplikasi Sijalu.co.id (Sistem Informasi dan Jaringan Layanan Unggulan). Cukup dalam 1 aplikasi bisa memberikan 11 layanan pada masyarakat. aplikasi ini merupakan perwujudan dari permintaan / masukan dari pengguna layanan agar menjadi lebih baik lagi. Alur pembelian pada Sijalu.co.id dikelompokkan dalam 6 langkah utama yaitu pendaftaran, login, pilih produk/layanan, masukkan keranjang, verifikasi dan konfirmasi pesanan, pembayaran, pengiriman dan pemanfaatan layanan.  (Eros Sukmawati)

Aksesibilitas

Pembaca Layar
Kontras
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jeda Animasi
Ramah Disleksia
Kursor
Jarak Baris
Perataan Teks
Saturasi
Reset