Lembang, 24 Oktober 2024 — Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang sukses menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik dengan tema “Sijalu untuk Layanan BLU Lebih Maju”. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, yang menekankan pentingnya penguatan layanan Balai Layanan Umum (BLU) guna mendukung kemajuan sektor peternakan nasional.Forum yang diadakan secara hybrid (daring dan luring) ini dihadiri oleh berbagai stakeholder dan pengguna layanan BIB Lembang, mencakup peternak, akademisi, koperasi, organisasi profesi, serta perwakilan pemerintah daerah dan pusat. Beberapa narasumber yang berperan dalam diskusi ini antara lain Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak yang diwakili oleh Ketua Kelompok Pengelolaan SDGH serta Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Dan Satriana menyampaikan kegiatan ini adalah momentum yang baik untuk terus mendapatkan masukan dan harapan agar standar pelayanan BIB Lembang semakin baik. Beliau juga mengapresiasi layanan sijalu sebagai terobosan yang baik untuk efisiensi layanan meskipun masih ada beberapa asepek yang harus ditambahkan untuk dapat diakses masyarakat. Dalam acara ini, Kepala BIB Lembang menyampaikan komitmen balai untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah penandatanganan Maklumat Pelayanan oleh Kepala BIB Lembang. Penandatanganan ini menjadi simbol komitmen BIB Lembang dalam memastikan pelayanan yang lebih profesional, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, sejalan dengan penerapan Sijalu.Penerapan Sijalu diharapkan mampu mempermudah akses layanan dan mempercepat proses administrasi bagi para pengguna, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan BIB Lembang sebagai salah satu BLU di bawah Kementerian Pertanian. Forum ini juga menjadi ajang diskusi interaktif antara para stakeholder dengan pihak BIB Lembang untuk mengevaluasi kualitas layanan yang ada serta memberikan masukan terkait pengembangan ke depan.