Loading ...
Pemberian Mineral Block pada Sapi
25 June 2024
News Detail Image

Oleh Tati Susnawati, S.Pt

Mineral blok merupakan suplemen atau makanan tambahan yang sudah dipadatkan bagi ternak sapi dan kaya akan mineral dan vitamin untuk memperbaiki nutrisinya. Manfaatnya bagi pertumbuhan sapi atau ternak ruminansia yakni memperbaiki nilai nutrisi pakan ternak, pencernaan dan kecernaan zat-zat pakan ternak sapi, meningkatkan nafsu makan ternak dan terhindar dari defisiensi mineral yang selanjutnya sebagai penyusun tulang dan gigi sapi, serta penyusun nutrisi organik, seperti lipid. Untuk menutupi kekurangan diperlukan pakan tambahan seperti mineral blok. Mineral esensial baik makro ataupun mikro sangat dibutuhkan untuk proses fisiologis ternak.

 

Mineral dapat dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu makromineral dan mikromineral atau trace mineral. Ruminansia membutuhkan makromineral Ca, Mg, P, K, Na, Cl dan S, sedangkan mikromineral yang dibutuhkan ruminansia adalah kromium (Cr), kobalt (Co), tembaga (Cu), yodium (I), besi (Fe), mangan (Mn), molibdenum (Mo), nikel (Ni), selenium (Se) dan seng (Zn). Meskipun elemen makromineral dalam tubuh jumlahnya sedikit dibandingkan dengan nutrisi lain seperti protein dan lemak, tetapi mereka memiliki peran yang sangat vital dalam tubuh.

 

Makromineral berhubungan erat dengan kemampuan reproduksi ruminansia. Kelebihan atau defisiensi mineral dapat mengakibatkan kawin berulang pada sapi. Kegagalan reproduksi dapat disebabkan oleh, defisiensi satu atau beberapa macam mineral dan ketidakseimbangan antara mineral satu dengan yang lain. Mineral dapat diperoleh dari pakan hijauan atau tambahan pakan konsentrat. Pakan hijauan memiliki kandungan serat kasar yang tinggi namun protein dan energinya rendah. Pakan hijauan juga kurang mineral sehingga penambahan vitamin dan mineral dalam pakan merupakan keharusan untuk menghasilkan produktivitas ternak yang sesuai dengan potensi genetiknya. Pakan konsentrat memiliki kandungan protein dan energinya tinggi namun serat kasarnya rendah. Pakan konsentrat juga mengandung mineral yang dibutuhkan oleh ternak.

 

Pemberian vitamin dan mineral pada pakan ternak penting untuk mengoptimalkan pencernaan sehingga penyerapan nutrisi maksimal, meningkatkan daya tahan tubuh dan produksi daging maupun susu ternak, dan untuk mencegah terjadinya kekurangan mineral pada ternak. Kekurangan mineral pada ternak dapat menyebabkan gangguan pada proses metabolisme tubuh serta penyakit defisiensi mineral. Penyakit defisiensi mineral dapat mengganggu pertumbuhan, produksi dan reproduksi ternak. Oleh sebab pemberian mineral pada ternak sangat penting.

Aksesibilitas

Pembaca Layar
Kontras
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jeda Animasi
Ramah Disleksia
Kursor
Jarak Baris
Perataan Teks
Saturasi
Reset